Minggu, 29 Juli 2018

Geografi Desa



Secara umum desa merupakan pemukiman penduduk yang terletak diluar kota dan matapencaharian sebagian penduduknya dibidang agraris. Desa nyapar merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Sumenep tahun 2017, desa nyapar termasuk daratan rendah di Kabupaten Sumenep, yang mempunyai luas wilayah mencapai 5,24 (km2) dan tinggi 81 meter diatas permukaan laut. Dengan luas 5,24 (km2) tersebut desa Nyapar dibagi menjadi tiga dusun yaitu, dusun Nyapar, dusun Balang, dan dusun Balowar. Pengelolaan tanah didesa nyapar sebagai berikut :

  • Tanah sawah   : 64,12 m2 
  • Tanah Kering  : 459,90 m2

Desa Nyapar berbatasan dengan beberapa desa yaitu:

  •   Desa Dasuk Laok disebelah timur
  •  Desa Dasuk Barat disebelah utara
  •  Desa Jelbudan dan desa Kertatimur disebelah barat
  •  Desa Baringan disebelah selatan.

Jarak dari Desa Nyapar ke pusat Kota Sumenep berjarak 18 km yang bisa ditempuh dalam waktu 32 menit dengan kendaraan bermotor. Dan berjarak 3 km dari pantai Slopeng.
Desa Nyapar termasuk dalam kategori daerah tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Secara keseluruhan struktur tanah di desa Nyapar merupakan tanah yang basah sehingga air mudah meresap. Dengan struktur tanah yang demikian sebagian besar penduduk didesa Nyapar bermata pencaharian sebagai petani.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

WELCOME TO BLOG KKN 110


Zuper Kletong

Logo Kemasan : Tutorial Pembuatan :

Formulir Kontak

Total Pageviews

ARCHIVES

Follow by Email