Minggu, 29 Juli 2018

Info Perekonomian

      A.  Jumlah Fasilitas Sosial Ekonomi



          1.        Fasilitas Sosial
Desa Nyapar memiliki berbagai fasilitas sosial, baik itu yang berupa fasilitas kesehatan ataupun juga fasilitas pendidikan. Kedua fasilitas ini berperan penting dalam mendukung peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan seluruh masyarakat di Desa Nyapar. 

 
  

     Desa Nyapar memiliki dua jenis fasilitas kesehatan utama, yaitu polindes (Pondok Bersalin Desa) dan posyandu (Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu). Secara aturan, kedua jenis fasilitas ini hanya berperan dalam meningkatkan kesehatan Ibu dan Anak yang terdapat di lingkungan sekitar. Namun dalam praktiknya, kedua fasilitas tersebut juga melayani berbagai pelayanan kesehatan lainnya (khususnya dalam hal pengobatan atau penanganan berbagai jenis penyakit yang diderita oleh masyarakat sekitar).  
     Selain didukung oleh keberadaan seorang tenaga ahli berupa bidan, fasilitas kesehatan di Desa Nyapar ini juga tergolong cukup strategis. Hal ini dikarenakan oleh lokasinya yang cukup dekat yaitu hanya berkisar 50 – 100 meter. Lebih dari itu, kepemilikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan kartu BPJS yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat di Desa Nyapar juga semakin memudahkan masyarakat di Desa Nyapar dalam memperoleh penanganan kesehatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa fasilitas kesehatan yang ada di Desa Nyapar  sudah tergolong cukup terjangkau oleh masyarakat sekitar.

    Dalam bidang pendidikan, Desa Nyapar juga memiliki jumlah fasilitas pendidikan yang sudah memadai, diantaranya yaitu 2 buah gedung Taman Kanak-Kanak (TK), 3 buah gedung sekolah dasar (2 berupa SD dan 1 berupa MI), 2 buah gedung sekolah menengah pertama (1 berupa SMP swasta dan 1 berupa Madharasah Tsanawiyah), serta satu buah gedung Madharasah Aliyah.
      Jika diamati, ada dua jenis fasilitas pendidikan yang  tersedia di Desa Nyapar yaitu jenis fasilitas pendidikan yang formal dan non formal (berbasis agama). Hal ini memang sesuai dengan karakteristik masyarakat Desa Nyapar yang religius, sehingga beberapa diantara mereka akhirnya memilih untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah yang berbasis agama sekaligus seperi Madharasah Ibtidaiyah (MI) dan Madharasah Tsanawiyah (MTs).Di samping itu, juga terdapat satu buah pondok pesantren yang berdiri di Desa Nyapar. Pondok pesantren ini diasuh oleh seorang pengasuh yang memiliki 30 santri yang terdiri dari 16 santri laki-laki dan 14 santri perempuan (BPS Kabupaten Sumenep 2018). 

2.        Fasilitas Ekonomi
Selain fasilitas sosial, Desa Nyapar juga memiliki berbagai jenis fasilitas ekonomi yang berperan penting dalam mendukung segala aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Adapun, berbagai jenis fasilitas ekonomi tersebut diantaranya yaitu :

B.    Jumlah Sarana dan Prasaran Jalan 
            Desa Nyapar mempunyai luas wilayah yaitu 524 hektar. Luas tersebut merupakan total luas secara keseluruhan dari setiap dusun yang ada di Desa Nyapar. Tiap dusunnya, di Desa Nyapar juga telah dihubungkan oleh ruas-ruas jalan. Menurut kondisinya, ada beberapa macam bagian jalan di Desa Nyapar yaitu jalan yang dalam kondisi baik, jalan yang masih dalam tahap pembangunan, serta jalan yang kondisinya kurang baik. Contoh jalan yang masih dalam kondisi kurang baik adalah jalan yang terdapat di beberapa bagian Desa Balowar. Meski demikian, secara persentase, sebagian besar kondisi jalan di Desa Nyapar sudah tergolong dalam kondisi yang baik. Hal ini dikarenakan oleh adanya kegiatan pembangunan yang didanai oleh Alokasi Dana Desa (ADD). Hanya saja, ada beberapa ruas jalan yang belum dilengkapi oleh alat penerangan, sehingga hal tersebut dapat mengganggu keamanan pengguna jalan.

 

 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

WELCOME TO BLOG KKN 110


Zuper Kletong

Logo Kemasan : Tutorial Pembuatan :

Formulir Kontak

Total Pageviews

ARCHIVES

Follow by Email