Kamis, 18 Juli 2019

Sosialisasi Pemanfaatan "Kotoran Sapi" Menjadi Pupuk Kandang dan Energi Alternatif Biogas



     Tidak banyak yang mengetahui begitu berpontesinya kotoran sapi sebagai energi alternatif. Hal tersebut dikarenakan selama ini kotoran sapi hanyalah dimanfaatkan sebagai pupuk kandang oleh masyarakat. Pupuk yang terbuat dari kotoran sapi memang tergolong sebagai pupuk kandang yang terbaik untuk tanaman terutama dimasa-masa pertumbuhan. Di desa Nyapar sendiri kotoran sapi dimanfaatkam untuk dijadikan pupuk tumbuhan tembakau dan jagung. Prosesnya  sendiri cukup mudah kotoran segar ditumpuk sampai membentuk gundukan lalu dibakar. 
     Namanya saja kotoran tentu ketika dibakar, asap dari pembakaran menimbulkan bau yang tidak sedap dan snagat mengganggu. Melihat hal ini kelompok KKN 82 UTM mengadakan sosialisasi tentang potensi lain dari kotoran sapi selain digunakan sebagai pupuk yaitu menjadikannya sebagai energi alternatif biogas. Dengan dibantu oleh perangkat desa dan dihadiri oleh kelompok tani desa Nyapar. Kelompok KKN 82 mengadakan sosialisasi yqng bertempat di balai desa Nyapar. Di dalam sosialisasi kami juga menerangkan ampas dari pembuatan biogas nanti dapat dimanfaatka sebagai pupuk kandang. Dengan begitu kami berharap warga bisa meninggalkan kebiasaan lama untuk menumpuk kotoran  dan membakarnya. Karena selain bisa menjadi energi alternatif ampas kotoran tadi tetap bisa dijadikan sebagai pupuk kandang. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

WELCOME TO BLOG KKN 110


Pentol Gapit dan Saus Ingus Variasi Jajanan khas Desa Nyapar

    Pentol atau dalam bahasa daerah lain disebut cilok siaap yang tak kenal. Jajanan yang peminatnya dari berbagai usia, yang murah dan...

Formulir Kontak

Total Pageviews

ARCHIVES

Follow by Email